[Book Review] Student Guidebook For Dummies by Kevin Anggara

Tuesday, April 15, 2014


 Student Guidebook For Dummies
Panduan Ngaco Pelajar Keren!
Penulis : Kevin Anggara
Penerbit : Bukuné; Cetakan I, Juli 2013
ISBN : 602-220-107-1; Harga : Rp. 43.000
Lo pasti tau, dong, kalo pemerintah mencanangkan wajib sekolah 12 tahun. Itu artinya sebagian hidup kita akan dihabiskan di sekolah! Panik? Sedih? Galau? Nggak perluuuu. Nih, Kevin Anggara –si pelajar absurd dan banyak akal– akan bagi-bagi tip dan trik menikmati hidup sebagai pelajar.
Trik buat melunakkan keganasan guru killer? Tenang, ada tutorial senyum maut yang cocok. Mau bergaul sama anak-anak keren sekolah? Ih, ceteeeek. Pengen banyak jajan, tapi uang saku seadanya? Gampang masalah perut mah, Sob! Serem sama kakak kelas yang judes? Hmm... Bikin aja doi jatuh cinta sama lo. Hihihi....
Pokoknya, nggak akan ada lagi males-malesan sekolah, apalagi pusing menghadapi ujian. Ucapin bye-bye sama dua hal itu! Percaya, deh, sekolah nggak melulu serius dan membosankan kalo kita tau caranya.
***

Perlu waktu yang lama buat aku untuk bikin review ini, bacanya sih udah sejak kapan, malah 2 jam juga udah waktu yang cukup untuk melahap habis bacaan ini. Sayangnya, karena faktor A, unsur B, dan pengaruh C agak menghalangi, jadi sempat tertunda untuk bikin review ini yang seharusnya selesai di 2013. Tapi..., nggak papa deh, semoga nggak disuruh Kevin untuk distrap dan hormat ke bendera di tengah lapangan upacara di suatu siang yang panas.

Buku dengan tebal 260 halaman ini memuat tentang tata cara yang berhubungan banget sama sekolah, berisi 7 bab utama, mulai dari MOS, keseharian pelajar, tentang guru, hingga bahasan-bahasan lainnya yang penting-nggak-penting buat dibaca.
Di awal, kita juga disuguhkan Behind The Scene bagaimana bisa terbentuknya sebuah buku yang ditulis oleh Kevin Anggara ini, mulai dari pertemuan absurd dengan editor yang salah alamat, sampai Kevin ditawari untuk menerbitkan buku. Well, ini bagian menginspirasi kok :))
BAB I : MOS siapa takut?
Di bab ini, kita bakal diajak untuk menyelami bagaimana menyiapkan mental di sekolah baru (lebih tepatnya tingkatan baru), ada juga cara menghadapi MOS itu sendiri. Tau MOS kan? Bukan, bukan Masa Orientasi Sekolah, lebih tepatnya Menjadi Ondel-Ondel Sekolah. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya MOS yang ada di buku Kevin ini masih dibilang pertengahan, karena kalau ngebayangin MOS yang aku jalani di awal masuk SMA, horor abis pake s *semoga gak ada senior baca ini*.
BAB II : Keseharian Pelajar
Kalau di bab ini, tau lah ya..., pokoknya tentang cerita sehari-hari pelajar yang pastinya deket banget sama kehidupan sekolah, menjalani satu minggu sebagai pelajar, Minggu libur, minggu kemudian sekolah, ah begitulah rotasinya.
Dan masih ada 5 bab lain lagi yang nggak perlu aku sebutin, bahaya dong kalau bilang spoilernya, yang ada digetok martil sama Kevin dan Bukuné. Ada bahasan tentang peribahasa-peribahasa absurd ala Kevin, ada juga Bukan Soal Biasa yang soal-soalnya itu luar biasa banget untuk dijawab, malah kalau kamu berhasil menaklukan soal-soal ini ada hadiahnya lho.
Walaupun ada bagian yang sebenarnya nggak baik untuk ditiru, kayak minta uang jajan ke orangtua, alasan nggak masuk sekolah, dan cara menghadapi UN, overall buku ini bisa bikin kamu cengar-cengir sendirian lah ya. Di bab terakhir juga, bagian yang sebenarnya penting-nggak-penting-tapi-penting dibahas, bisa juga dijadiin selingan.
Kalau diminta untuk kasih rating, aku kasih 3,2 dari 4 deh. Kenapa demikian? Selain kurikulum 2013 nilainya itu dari rentang 1-4, buku ini juga memang cocok dijadikan sebagai hiburan kalau kamu lagi bingung karena banyaknya PR tentang atom, hukum supply dan demand, hukum Newton I-III, dan segudang PR yang nuntut banget kamu selesaikan. Walaupun agak kurang puas, kayaknya Kevin bisa lebih keren lagi di buku keduanya nanti, nggak ada salahnya kan memberikan kesempatan kedua *tsssaaah... Dan doakan saja biar buku keduanya cepet selesai, dan dikasih buku gratisan lagi. Hagshagshags...
So, jangan sampai kamu belum punya buku keren yang satu ini, lo belum punya sama aja lo gak keren *apa banget bahasanya*.  Oke, babay di review-review buku lainnya :))

No comments:

Post a Comment

Review di a, Greedy Bibliophile adalah pendapat suka-suka yang sifatnya subjektif dari si empunya blog. Aku berusaha jujur, karena barang siapa jujur sesungguhnya dia masih hidup.

Aku nggak pernah memaksa kamu untuk setuju dengan pendapatku sendiri. Jangan sebel, jangan kesel, kecuali kamu mau itu menjadi beban besar yang berat ditanggung.

Boleh komentar, boleh curhat, boleh baper, tapi jangan promosi jualan obat atau agen judi bola. Tulis dengan bahasa manusia yang sopan dan mudah dimengerti ya.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada cerita yang bermanfaat, jangan lupa kuenya boleh dibawa. Asal tulisan aku jangan dicomot seenak udelmu.

tertanda,

yang punya cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
a book blog by @asysyifaahs