[Book Review] K-Pop Salah Gaul by @SMEntSalahGaul @Kpopers_ngakak @Kpopers_family

Tuesday, April 15, 2014


Judul : K-POP SALAH GAUL 
Penulis : @vjheru93 @shaunmbeesheep (creator @SMEntSalahGaul), @DNRivernate (admin @Kpopers_ngakak), Widuri Astarini P. & Yetsa Gustaviano (admin @Kpopers_family)
Penerbit : Wahyumedia; Cetakan ke-3 2013
ISBN : 979-795-740-3;
Harga : Rp.49.000,00

Jomblo, nggak ada duit, nggak bisa nonton konser bias lo, argghhh nggak bisa deh pokoknya!!! *oke, absurd* Intinya gini, buat yang pengen banget ketawa ngakak nggak berhenti sampe tumpeh-tumpeh dan ngisi waktu nggak jelas lo, kita bakal kasih elo kejutan gokil paling cetarrr membahana dan terpampang nyata melintasi Indonesia-Korea. Yap, buku K-Pop Salah Gaul ini kita dedikasikan buat elo.
INGET NIH, YA!!! K-Pop Salah Gaul itu bukan antis girlband, boyband, atau apa pun. Buat hiburan doang, kok. Enak nggak sih kalo hidup lo serius mulu kayak siaran berita kriminal? Nggak, kan? Nah, buat nyeimbangin hidup lo yang nggak jelas itu, kita kasih lawakan-lawakan. Jangan mikir karena lawakan kita, image idola lo jadi buruk.

Kibum : Kalo kamu bikin foto hot, kira-kira posenya kayak gimana, ya?
Chorong : Sambil pegang kompor.
Kibum : Hot, ya -,- *jogethotsummer* #cubesalahgaul
---
Sungjae : Bang, sekarang gue pulang-pergi antar-jemput naek mercy, dong.
Minhyuk : Yaelah, biasa aja kali. Kerenan mobil gue. Lebih gede.
Sungjae : Mobil apaan bang?
Minhyuk : Mobil jenazah.
---
Item Putih Salah Gaul (Wawancara GD dengan GD)
Tanya : Bedcover kamu gambarnya apa?
GD Jawab : Nanya mulu lo kayak pembantu baru.
---
SINGKATAN DI BALIK NAMA KOREA
CL = Colokan Listrik              GD = Goyang Dangdut                      SM = Surya Makmur
GO = Gendang Orkes             JYP = Jajang Yang Pemalu                YG = Yang Galau
***

Kamu seorang K-Popers bukan? Kalau iya, pasti tau dong buku K-POP SALAH GAUL ini. Kalau belum, itu artinya kamu belum layak disebut sebagai K-Popers. Walaupun aku sendiri bukanlah seorang K-Popers, ya... bisa dibilang hanya penyuka budaya-budaya Korea, salah satunya mengagumi keindahan Pulau Jeju dan Namsan Tower, suka makan Kimchi yang sebenarnya itu adalah rujak khasnya Korea, dan bermimpi suatu saat bisa jalan bareng seseorang di kota Seoul. Cieee…

Buku ini terdiri dari beberapa bab yang pastinya bikin kamu ketawa ngakak sampe tumpeh-tumpeh *peragain ala Jupe di Nutrisari*. Ada 8 bab, yaitu Manajemen Salah Gaul, Acara Tipi Salah Gaul, Tips dan Info Salah Gaul, Cerpen Salah Gaul, Foto Salah Gaul, Lirik Lagu Salah Gaul, Random Salah Gaul, dan All Fandom Salah Gaul. Yang pasti semuanya bikin kamu salah gaul, eh maksudnya ceritanya memang salah gaul semua.
Dari bab 1 sendiri, Manajemen Salah Gaul terdiri dari beberapa sub-bab lagi, ada SM Entertainment Salah Gaul, YG Ent Salah Gaul, JYP Ent Salah Gaul, dan Cube Ent. Salah Gaul.
“Dora : Bapak kamu tukang balon, ya? │ PSY : Dih. Njis ada Dora! Udah yuk, udah! BUBAR BUBARRR!! │ Dora : Ish jahat, jadi gak ada yang mau gombalin akoohhhh? *aegyo” (hal. 11)

Nah kalau di bab 2 tentang Acara Tipi Salah Gaul, ada banyak lah acara televisi yang di-salah-gaul-in, salah satu contohnya adalah Item Putih Salah Gaul.

“18. Kalo udah gede kamu pengen jadi apa?
Penen jadi doktel. Penen cembuh-cembuhin temenku yang atit u,u” (hal. 53)

“48. KAMU BALES APA?
Kata dia, “Ini mama lagi pake nomer orang, kirimin mama pulsa ke nomer ini, jangan telepon dulu, mama lagi di kantor polisi”. Ya gue bales aja, “Tadi papa, nenek sama kakek juga sms kayak mama. Kenapa sih, mah keluarga kita selalu bermasalah sama polisi?! Aku capek mah! Aku malu!” (hal. 57)

Ada juga nih Foto Salah Gaul yang salah satu sub-bab nya Komik Salah Gaul, walau kebanyakkan yadongnya, tapi sumpah, ini ngakak abis!!
Buat kamu yang benci banget sama dunia K-Popers, buku ini bisa bikin kamu nggak salah paham lagi. Nggak selamanya boyband/girlband itu alay lho… Juga, buat kamu yang fanatik banget sama fandomnya, bukan berarti buku ini menjelekkan bias kamu, buku ini cuma sekedar twitter literature yang menyampaikan cerita-cerita lucu, konyol, dan ngakak. Emangnya kamu mau hidup keterusan serius dan bikin stress sendiri, nggak kan?
Well, kalau diminta kasih bintang, kayak kasih 2 dari 2 melonnya Hyorin *eh.
Hyorin di kasir supermarket…
Hyorin               : “Kok mahal banget mba harga melonnya?”
Mba kasir          : “Lho, kan emang ibu belinya 3 buah.”
Hyorin               : “GUA BELI CUMA 1!”
Mba Kasir         : “Ohh, maap maap. Kirain yang itu juga melon >.<” (hal. 5)

No comments:

Post a Comment

Review di a, Greedy Bibliophile adalah pendapat suka-suka yang sifatnya subjektif dari si empunya blog. Aku berusaha jujur, karena barang siapa jujur sesungguhnya dia masih hidup.

Aku nggak pernah memaksa kamu untuk setuju dengan pendapatku sendiri. Jangan sebel, jangan kesel, kecuali kamu mau itu menjadi beban besar yang berat ditanggung.

Boleh komentar, boleh curhat, boleh baper, tapi jangan promosi jualan obat atau agen judi bola. Tulis dengan bahasa manusia yang sopan dan mudah dimengerti ya.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada cerita yang bermanfaat, jangan lupa kuenya boleh dibawa. Asal tulisan aku jangan dicomot seenak udelmu.

tertanda,

yang punya cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
a book blog by @asysyifaahs