Personal Project 2015: Donate for Comments

Friday, December 26, 2014

Belakangan ini—atau entah sejak kapan—aku selalu berharap bisa berbagi dengan sesama. Kadang, niatan itu muncul, tapi nggak jarang juga nggak terlaksana karena satu dan lain hal. Pernah sekali waktu melihat salah satu tayangan di televisi mengenai Berbagi Nasi, sebuah komunitas yang beramal dengan cara membagikan nasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Biasanya, mereka akan membagikannya di malam hari agar sasaran yang ditujukan benar-benar tepat. Saat itu, ada perasaan ingin ikut berbagi juga, namun sayangnya karena jarak rumah yang jauh dengan tempat dimana komunitas tersebut melakukan kegiatannya, lagi-lagi nggak bisa terlaksana.

Makanya, saat tahu kemarin Kak Oky di blognya membuat sebuah projek pribadi, ternyata menarik juga. Aku berpikir, walaupun jarak dan langkah seorang pelajar seperti aku terbatas, seringkali ada banyak kesempatan yang kadang kita nggak sadar bahwa ‘hal itu ada’. InsyaAllah, semoga Allah meridhai, aku bisa bertanggungjawab untuk ikutan juga projek yang satu ini.

Personal Project 2015: Donate for Comments


Projek ini merupakan projek pribadi yang digagas Kak Oky untuk tahun 2015. Untuk aku pribadi, sebagai sesama pembaca buku belum banyak kemajuan yang bisa aku lakukan di tahun 2014 ini. Makanya, supaya rajin dan sering membaca, kemudian meresensinya, dan menceritakan kesanku di blog ini, aku jadi punya minat untuk sama-sama berbagi dengan orang lain, khususnya untuk teman-teman kita yang membutuhkan.

Nah, dalam projek ini, aku akan menghargai komentar kalian yang masuk dalam blogku seharga Rp. 200,-. Teman-teman nggak perlu menyumbangkan uangnya sama sekali kok, sumbangan ini tentu dari aku pribadi (eh, dari uang Abah ding, aku kan belum berpenghasilan, hoho). Yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan menyumbangkan waktunya untuk menuliskan komentar di setiap postingan blogku di tahun 2015. Karena apa? Karena besarnya sumbangan yang aku berikan ditentukan dari seberapa banyaknya komentar yang kalian tulis di blogku.

I will donate Rp200 for every comments on my 2015 post
CARE TO JOIN FOR A GOOD CAUSE?


Sejak awal, aku selalu memantapkan hati untuk membuat blog sebagai sarana berbagi, InsyaAllah. Berbagi apa saja, yang sekiranya bisa aku lakukan, salah satunya adalah berbagi cerita (di blog pribadiku) dan juga berbagi kesanku terhadap suatu buku (di blog bukuku).

Berbagi itu indah, apalagi kalau dilakukan bersama-sama. Teman-teman yang tertarik untuk ikut serta boleh melaksanakannya sendiri di blognya masing-masing. Supaya lebih rapi dan tidak bingung, berikut rambu-rambu untuk Donate for Comments ini.

  1. Target nominal bebas, seikhlasnya. Boleh Rp500, Rp1000, maupun Rp10.000 /per komentar. Aku sendiri menargetkan Rp. 200,- untuk setiap komentar yang masuk, termasuk balasan komentar dari aku sendiri. Kenapa nominal Syifa lebih sedikit dari Kak Oky? Hehe, mengingat aku adalah pelajar pengangguran dan masih minta uang jajan sama Abah-Mamah, jadi sumbangan ini hanya berasal dari uang bulananku. Syukur Alhamdulillah, kalau ada teman sekolah yang mau ikut menyumbang juga ^^
  2. Komentar yang dihitung hanya dari entri post tahun 2015, yaitu dari post tanggal 1 Januari 2015 s.d. 31 Desember 2015.
  3. Seluruh komentar dalam entri post apapun selama tahun 2015 akan dihitung. Komentar SPAM tidak dihitung.
  4. Buat Master Post, let everybody know your good intention. Lalu pasang banner Donate for Comments di sidebar blog kalian, tautkan ke Master Post kalian, agar pengunjung aware dengan projek ini.
  5. Di akhir tahun, buat Wrap Up post yang berisi laporan seberapa banyak jumlah komentar dan dana yang berhasil dihimpun. Lalu laporkan juga untuk apa dan kemana dana tersebut kalian sumbangkan. Nah, untuk aku sendiri, supaya dana yang ada terkontrol, aku akan mencoba melakukan laporan dalam dua atau tiga bulan sekali. Hmm... ingatkan aku ya untuk ini!
  6. Collected Donation. Apabila teman-teman tertarik, mari bergabung dengan Kak Oky dan bersama-sama kita menyumbangkan donasi kita untuk satu atau dua badan amal tertenu.
  7. Daftarkan blog kalian (kalau bisa, link Master Post) via komentar di blognya Kak Oky. Mari kita saling berkunjung dan meninggalkan sebanyak mungkin komentar.

Tolong jangan nilai dari seberapa besar maupun kecilnya rupiah (apalagi nominal yang Syifa sumbangkan, hoho). Syifa berharap, niatan yang satu ini bisa dilaksanakan dengan konsisten, komitmen, dan kepercayaan dari teman-teman juga, supaya dampak yang ditimbulkan juga punya pengaruh untuk teman-teman kita yang membutuhkan. Dan agar sumbangan yang terkumpul banyak, aku akan mencoba untuk lebih sering posting entri, baik itu review maupun non-review.

Aku harap, teman-teman bersedia meninggalkan komentarnya di blogku ini. Tentunya, selain keinginan yang sudah disebutkan di atas, komentar ternyata dapat membuat aku punya feedback yang baik dalam setiap postinganku dan InsyaAllah menjalin hubungan yang baik juga antara si empunya blog dan pengunjungnya. Jadi, jangan sungkan-sungkan ya berkunjung sekaligus meninggalkan komentar yang baik, kan nggak enak kalau jadi silent reader, hehe.

Nantinya, seluruh komentar tersebut (kecuali SPAM) akan aku rekap di awal tahun 2016 (doakan panjang umur dan sehat selalu, ya). Lalu jumlahnya dikalikan kelipatan Rp. 200,-. Nah, totalnya itulah yang akan aku sumbangkan ke badan amal resmi dalam bentuk Rupiah. Kenapa nggak benda saja? Hmm, to be honest Syifa ini nggak ahli memilih benda yang dibutuhkan, jadi supaya dananya benar-benar manfaat dan sesuai dengan kebutuhan yang mereka perlukan. Kalau sewaktu-waktu ada perubahan yang terjadi, aku harap aku nggak lupa memberitahukan ya.

Finally, semoga projek bersama ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Tentunya, aku selaku penyumbang terhadap blogku sendiri bisa diberikan rezeki yang lancar, umur yang panjang, dan kesehatan yang senantiasa mengiringiku supaya projek ini bisa berhasil dan sesuai rencana, begitupun halnya dengan Kak Oky Septya sebagai host DfC. Doakan saja ya, kita berdoa bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahiim... semoga Allah meridhai niatku kali ini. Terimakasih untuk dukungan teman-teman, I’ll really appreciate your comments. Cheerio ^^

by.asysyifaahs(◕‿◕✿)

5 comments:

  1. Thank you for join me Syifaa.. good luck :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga ikutan karena postingan kamu loh ^^

    Mari kita berjuang bersama >,<

    ReplyDelete
  3. Aku juga ikutan karena postingan kamu loh ^^

    Mari kita berjuang bersama >,<

    ReplyDelete

Review di a, Greedy Bibliophile adalah pendapat suka-suka yang sifatnya subjektif dari si empunya blog. Aku berusaha jujur, karena barang siapa jujur sesungguhnya dia masih hidup.

Aku nggak pernah memaksa kamu untuk setuju dengan pendapatku sendiri. Jangan sebel, jangan kesel, kecuali kamu mau itu menjadi beban besar yang berat ditanggung.

Boleh komentar, boleh curhat, boleh baper, tapi jangan promosi jualan obat atau agen judi bola. Tulis dengan bahasa manusia yang sopan dan mudah dimengerti ya.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada cerita yang bermanfaat, jangan lupa kuenya boleh dibawa. Asal tulisan aku jangan dicomot seenak udelmu.

tertanda,

yang punya cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
a book blog by @asysyifaahs