[REVIEW] Doriyaki - Andori Andriani

Monday, October 19, 2015

“Pikirkan baik-baik, pilihlah apa yang menurut kamu benar untuk diri sendiri, bukan karena orang lain. Jangan sampai menyesal belakangan. Hidup hanya sekali.” (hal. 82)

Judul: Doriyaki
Penulis: Andori Andriani
Penerbit: Bukune
Editor: Ry Azzura
Penyelaras akhir: Irsyad Zulfahmi
Desain cover: Arie Je
Penata letak: Erina Puspitasari
Penyelaras tata letak: Putra Julianto
Ilustrasi: Arie Je
Tebal: 144 halaman
Terbit: Juli 2015 (Cetakan Pertama)
Rating: ★★★★

---

Tahu Dorippu? Atau Andori, mungkin? Nggak tau ya, bisa jadi karena mungkin cuma anak labil kekinian yang hobi main ask.fm dan kenal Kak Dori *berarti elu labil Syif, berarti yang kenal Kak Dori sama labilnya Syif* *elu dijambak sejumlah followers doi*

Iya, Doriyaki adalah buku pertama Kak Dori yang merupakan kumpulan cerita hidupnya. Di buku ini, Kak Dori ngebahas ceritanya yang pernah tinggal dan sekolah di Jepang, kehidupan keluarganya, LDR-an Jakarta-Tokyo, sampai perintilan mimpi-mimpinya yang bikin banyak orang terinspirasi.

Mungkin untuk sebagian besar ikan dori—sebutan para (((fans))) Kak Dori—sudah banyak tahu tentang lika-liku kehidupannya, lha wong sebagian besar ceritanya pernah dicurhatin di blognya dorippu.com sih, tapi aku yakin punya buku fisiknya secara langsung selalu kerasa lebih istimewa.

Kita manusia nggak akan bisa hidup sendirian. Sekuat-kuatnya memendam masalah, sekuat-kuatnya menutupi masalah, kita tetap butuh manusia lain. Mungkin memang nggak bisa menyelesaikan masalah hidup kita, tapi sebenarnya kita hanya membutuhkan orang yang bisa ‘mendengar’ isi hati kita. (hal. 51)

Perasaan suram banyak masuk ke dalam cerita hidupnya, gimana orangtuanya yang harus bercerai sampai mau nggak mau Kak Dori ngerasa broken home, kerasa sedihnya tapi berkat ilustrasi yang ciamik (dan ini full colour, lho!), bacanya jadi tetap menyenangkan.

Ternyata memang benar, ada 1000 jalan menuju mimpi kita. Kuncinya, jangan pernah putus asa, harus tetap kerja keras karena semua pilihan balik lagi ke diri kita sendiri. Lo mau diam terus terjatuh di bawah sana, atau bangkit dan melakukan suatu hal? (hal. 81)

Lucunya aja, sedihnya ada, ngeselinnya ada, sampai yang inspiratifnya juga ada. Berasa dapat paket yang lengkap deh baca buku ini, meski sayang aku seringkali menemukan sejumlah typo yang ada. Tapi nggak papa, senang bisa kenal Kak Dori lebih banyak. Dan by the way, kayaknya dia selebnet yang dengan rela di-bully sama followers-nya deh, lihat aja di instagramnya, comment ikan dori nggak jauh dari bahan bully lucu-lucuan, tapi kita tetep cinta Kak Dori

Nggak ada yang perlu disesali, namanya hidup pasti sepaket. Susah-senang, suka-duka, tawa-tangis, silih berganti. Namun, jangan sampai kita berhenti melangkah karena sesuatu yang menghalangi. Jangan berhenti berjuang. Jangan pernah sekalipun berpikir untuk menyerah. (hal. 109)

by.asysyifaahs(◕‿◕✿)

1 comment:

  1. Salah satu wishlist setelah tau ask.fm nya kak dor. Lucu sih emang orangnya, dan kata beberapa orang yang ngeriview emang bukunya inspiratif juga.

    ReplyDelete

Review di a, Greedy Bibliophile adalah pendapat suka-suka yang sifatnya subjektif dari si empunya blog. Aku berusaha jujur, karena barang siapa jujur sesungguhnya dia masih hidup.

Aku nggak pernah memaksa kamu untuk setuju dengan pendapatku sendiri. Jangan sebel, jangan kesel, kecuali kamu mau itu menjadi beban besar yang berat ditanggung.

Boleh komentar, boleh curhat, boleh baper, tapi jangan promosi jualan obat atau agen judi bola. Tulis dengan bahasa manusia yang sopan dan mudah dimengerti ya.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada cerita yang bermanfaat, jangan lupa kuenya boleh dibawa. Asal tulisan aku jangan dicomot seenak udelmu.

tertanda,

yang punya cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
a book blog by @asysyifaahs